RSS

Electronic Commerce System


TOKOPEDIA

1.      History
Diluncurkan dengan versi beta pada tanggal 17 Agustus 2009 bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia didirikan oleh Leontinus Alpha Edisondan, William Tanuwijaya beserta dua orang sahabat mereka. Mengutip dari blog yang ditulis oleh William Tanuwijaya, pada masa awal berdirinya hanya didanai oleh investor tunggal yaitu VF. Mereka bekerja keras membangun impian mereka pada sebuah ruko di lantai 3 Rukan Permata Senayan E7 Jakarta yang sekaligus menjadi kantor dari PT. Tokopedia. Pendirian PT. Tokopedia resmi pada tanggal 6 Februari 2009.
Seiring dengan berjalannya waktu selama setahun dari Tokopedia didirikan, Tokopedia mendapat antusias dari berbagai kalangan merchant dan customer. Pada awal bulan berdirinya Tokopedia berhasil menggandeng 509 merchants dengan 4560 members. Jumlah tersebut terus bertambah hingga pada ulang tahun pertamanya pada tanggal 17 Agustus 2010 Tokopedia menggaet 4659 merchants dengan 44785 members. Suatu pencapaian yang luar biasa selama setahun tersebut. Dari jumlah transaksi awal bulan berdirinya hanya Rp 33 juta melejit hingga Rp 5,954 milyar pada ulang tahun pertama 17 Agustus 2010. Sekaligus pada ulang tahun pertama Tokopedia, Tokopedia melepas tag beta version yang mengindikasikan bahwa Tokopedia siap untuk melayani merchant dan customer yang bertransaksi pada sistem mereka. Limit harga produk dinaikkan senilai Rp 25 juta yang sebelumnya hanya mencapai Rp 9,99 juta. Begitupun dengan limit transaksi pada market place Tokopedia naik menjadi Rp 40 juta dari Rp 15 juta.
Setelah ulang tahun yang pertamanya, perusahaan yang digawangi oleh 12 orang hebat ini terus melakukan improvisasi pada fitur mereka, kecepatan akses serta terus memperbaiki layanan customer care. Tokopedia juga menggandeng bank Mandiri dan bank BCA untuk memberikan keamanan transaksi antara merchant dan customer. Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer ke salah satu rekening Tokopedia, Mandiri ClickPay, Mandiri E-cash, dan BCA KlikPay.


2.      Product
Tokopedia adalah ensiklopedia toko-toko online Indonesia dengan wujud sebuah mall online yang mempertemukan para penjual dengan pembeli dan memungkinkan terjadinya transaksi jual beli online dengan lebih aman dan nyaman.  
Beberapa produk yang disediakan:
·             Pakaian
·             Fashion & Aksesoris
·             Kecantikan
·             Kesehatan
·             Rumah Tangga
·             Dapur
·             Perawatan Bayi
·             Handphone & Tablet
·             Laptop & Aksesoris
·             Komputer & Aksesoris
·             Elektronik
·             Kamera, Foto & Video
·             Otomotif
·             Olahraga
·             Office & Stationery
·             Souvenir, Kado & Hadiah
·             Mainan & Hobi
·             Makanan & Minuman
·             Buku
·             Software
·             Film, Musik & Game 

3.      Technology & Natural Resources 
             Tokopedia awalnya masih dalam status closed BETA dengan sifat invitation only. hanya orang tertentu saja yg bisa memakai, atau orang orang yg di undang oleh pembuat software. Pada Tanggal 17 Agustus 2014 tokopedia telah dibuka untuk public BETA. Platform atau framework yang digunakan Tokopedia adalah Perl, Javascript, XHTML, CSS, PostgreSQL. Komponen-komponen tersebut kami bangun menjadi framework Tokopedia. 
              Sistem pembayaran transaksi di Tokopedia itu didasarkan pada sistem escrow yang dijalankan dan dijaga oleh PT Tokopedia. Dalam hal ini Tokopedia akan menjadi pihak ketiga yang menengahi transaksi antar penjual dan pembeli. Ketika calon pembeli ingin membeli sebuah barang dari penjual di Tokopedia, maka pembeli harus melakukan transfer pembayaran ke Tokopedia terlebih dahulu. Jika transfer berhasil, kemudian Tokopedia akan memberi tahu penjual bahwa pembayaran sudah diterima oleh Tokopedia dan penjual bisa melakukan pengiriman barang yang sudah dipesan pembeli. Ketika barang tiba di pembeli, pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang kepada Tokopedia, dan Tokopedia akan mentransfer uang pembelian kepada penjual.  

4.      Capabilities/Core Competencies/Distinctive Competencies 
             Core Competencies:
       1.      Pilihan barang lebih banyak.
Tokopedia diibaratkan sebagai sebuah mal, yang memungkinkan setiap pengguna membuka toko-online mereka dengan mudah bahkan gratis. Pilihan barang yang tersedia pun menjadi lebih variatif dengan adanya keberagaman ini.
       2.      Biaya ongkos kirim bisa di cek secara otomatis.
             Sehingga pembeli bisa dengan cepat memperkirakan biaya keseluruhan yang harus dkeluarkan.
      3.      Banyak pilihan rekening untuk transfer.
Mulai dari Bank Mandiri, BCA, BNI, BRI, dll. Pembayarannya juga tidak dilakukan kepada penjual secara langsung, tetapi dibayarkan kepada tokopedia terlebih dahulu. Setelah barangnya diterima kepada pembeli, maka pembayaran tersebut akan dibayarkan kepada penjual.
      4.      Banyak pilihan seller untuk jenis barang yang sama.
Kita bisa mencari penjual yang menjual barang dengan harga lebih murah.
      5.      Memiliki fitur Gold Merchant
Gold merchant adalah fitur-fitur tertentu yang memiliki kelebihan dari akun lainnya yang dapat digunakan oleh member yang membayar untuk menggunakan fitur ini. Fitur-fitur yang dimiliki misalnya penjual dapat membedakan tokonya dengan toko lainnya, yakni dengan tanda lencana emas. Selain itu, penjual juga dapat menambahkan satu pengguna untuk menjadi admin di toko secara gratis. Admin dapat membalas pesan atau ulasan dari pengunjung, mengoperasikan toko, atau memonitor transaksi, dengan menggunakan akses yang telah diberikan oleh pemilik toko. Namun untuk alasan keamanan, hanya pemilik toko yang dapat menarik uang dari transaksi penjualan. Fitur lainnya adalah penjual dapat mengubah tampilan Shop Cover di halaman toko, selain itu jumlah etalase juga bertambah menjadi 150 dimana penjual biasa hanya memiliki 50 etalase.
      6.      Tracking Order
Tokopedia terintegrasi dengan agen pengiriman besar di Indonesia yang mempermudah dalam memantau status pengiriman barang melalui fitur Tracking Order. Jika penjual sudah menginput nomor resi sebagai bukti pengiriman barang, maka fitur Track Order dapat digunakan untuk memantau sudah sampai dimana pengiriman barang.
     7.      Dukungan metode pembayarandengan uang elektronik UNIK.
UNIK singkatan dari Uang Elektronik adalah sebuah produk pembayaran dari PT Transmaya, dimana para penggunanya bisa menggunakan saldo top-up UNIK mereka untuk berbelanja online maupun offline via merchant-merchant UNIK. Tokopediawan yang kebetulan juga merupakan pengguna UNIK bisa langsung menggunakan saldo top-up UNIK mereka untuk berbelanja di Tokopedia, kapanpun diperlukan, saldo terpotong otomatis, dan transaksi pun langsung diverifikasi.
      8.      Komunitas Jejaring Sosial
Tokopedia juga didukung dengan fitur ala komunitas jejaring sosial lewat Talk About It untuk melihat review produk dan reputasi penjual.
      9.      Beragam event menarik
Secara berkala, Tokopedia mengadakan event-event menarik mulai dari menyediakan highlight barang-barang dengan potongan harga, hingga mengadakan event-event berhadiah.

5. Company Value Chain 





Analisis Value Chain Tokopedia :
a.    Core Process;
·      Inbound Logistics
      Tokopedia selalu mengontrol dan mengawasi perkembangannya melalui data statistic yang mereka punya dengan memantau progress perusahaan setiap bulan.





Bekerjasama dengan berbagai perusahaan sebagai investor perusahaan

 
·   Operations
Melakukan pelayanan kepada pengguna tokopedia melalui Costumer Service



·   Outbond Logistics
Tokopedia kini tidak hanya bisa di aksesmelalui PC atau Laptop namun bisa juga diakses melalui Android



Selain dapat mengakses melalui aplikasi di Android, kini Tokopedia juga tersedia dalam BBM Channel



·   Marketing & Sales
Tokopedia membuat event-event seperti Roadshow dan Workshop di Kampus-kampus serta workshop bersama UMKM di berbagai daerah



Menambah fitur yang bernama Top Ads untuk membantu penjual aktif di Tokopedia dalam mempromosikan produk



Beriklan di media elektronik maupun cetak dan mengajak public figure sebagai Brand Ambassador di Tokopedia




·   Service
Melakukan pelayanan kepada pengguna tokopedia melalui Costumer Service



Layanan pembayaran yang mudah melalui kerjasama dengan berbagai bank






Memberikan layanan pengiriman barang yang baik melalui kerjasama dengan berbagai jasa pengiriman barang sehingga dapat menjangkau seluruh daerah di Indonesia






b.   Support Process;
·         Procurement
Pendanaan di Tokopedia berasal dari investor-investor yang telah menginvestasikan dananya ke Tokopedia seperti Softbank dan sebagainya
·         Human Resource Management
Untuk meningkatkan loyalitas karyawan dan pengguna tokopedia, maka Tokopedia membuat Tokopedia Awards


Kemudian megadakan event-event yang melibatkan karyawan Tokopedia untuk mempererat hubungan antar karyawan.
·         Technological Development
1.      Tokopedia selalu melakukan update fitur



2.      Tokopedia selalu melakukan penambahan fitur yang membantu dan memudahkan pengguna demi memenuhi kebutuhan pengguna




·         Infrastructure
1.      Tokopedia memiliki sistem data statistic untuk memantau perkembangan perusahaan
2.      Karena Tokopedia merupakan bisnis online maka infrastruktur memiliki perangkat computer dan internet untuk mendukung bisnis.

 Sumber : https://blog.tokopedia.com/

0 comments:

Post a Comment