TOKOPEDIA
1. History
Diluncurkan dengan versi beta pada tanggal 17 Agustus 2009
bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia didirikan oleh Leontinus
Alpha Edisondan, William Tanuwijaya beserta dua orang sahabat mereka. Mengutip
dari blog yang ditulis oleh William Tanuwijaya, pada masa awal berdirinya hanya
didanai oleh investor tunggal yaitu VF. Mereka bekerja keras membangun impian
mereka pada sebuah ruko di lantai 3 Rukan Permata Senayan E7 Jakarta yang sekaligus
menjadi kantor dari PT. Tokopedia. Pendirian PT. Tokopedia resmi pada tanggal 6
Februari 2009.
Seiring dengan berjalannya waktu selama setahun dari
Tokopedia didirikan, Tokopedia mendapat antusias dari berbagai kalangan
merchant dan customer. Pada awal bulan berdirinya Tokopedia berhasil
menggandeng 509 merchants dengan 4560 members. Jumlah tersebut terus bertambah
hingga pada ulang tahun pertamanya pada tanggal 17 Agustus 2010 Tokopedia
menggaet 4659 merchants dengan 44785 members. Suatu pencapaian yang luar biasa
selama setahun tersebut. Dari jumlah transaksi awal bulan berdirinya hanya Rp
33 juta melejit hingga Rp 5,954 milyar pada ulang tahun pertama 17 Agustus
2010. Sekaligus pada ulang tahun pertama Tokopedia, Tokopedia melepas tag beta
version yang mengindikasikan bahwa Tokopedia siap untuk melayani merchant dan
customer yang bertransaksi pada sistem mereka. Limit harga produk dinaikkan
senilai Rp 25 juta yang sebelumnya hanya mencapai Rp 9,99 juta. Begitupun
dengan limit transaksi pada market place Tokopedia naik menjadi Rp 40 juta dari
Rp 15 juta.
Setelah ulang tahun yang pertamanya, perusahaan yang
digawangi oleh 12 orang hebat ini terus melakukan improvisasi pada fitur
mereka, kecepatan akses serta terus memperbaiki layanan customer care. Tokopedia
juga menggandeng bank Mandiri dan bank BCA untuk memberikan keamanan transaksi
antara merchant dan customer. Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer ke
salah satu rekening Tokopedia, Mandiri ClickPay, Mandiri E-cash, dan BCA
KlikPay.
2. Product
Tokopedia adalah ensiklopedia toko-toko online
Indonesia dengan wujud sebuah mall online yang mempertemukan para penjual
dengan pembeli dan memungkinkan terjadinya transaksi jual beli online dengan
lebih aman dan nyaman.
Beberapa
produk yang disediakan:
·
Pakaian
·
Dapur
·
Otomotif
·
Olahraga
·
Buku
·
Software
3. Technology & Natural Resources
Tokopedia
awalnya masih dalam status closed BETA dengan sifat invitation
only. hanya orang tertentu saja yg bisa memakai, atau orang orang yg di
undang oleh pembuat software. Pada Tanggal 17 Agustus 2014 tokopedia telah
dibuka untuk public BETA. Platform atau framework yang digunakan Tokopedia
adalah Perl, Javascript, XHTML, CSS, PostgreSQL. Komponen-komponen tersebut
kami bangun menjadi framework Tokopedia.
Sistem
pembayaran transaksi di Tokopedia itu didasarkan pada sistem escrow yang
dijalankan dan dijaga oleh PT Tokopedia. Dalam hal ini Tokopedia akan menjadi
pihak ketiga yang menengahi transaksi antar penjual dan pembeli. Ketika calon
pembeli ingin membeli sebuah barang dari penjual di Tokopedia, maka pembeli
harus melakukan transfer pembayaran ke Tokopedia terlebih dahulu. Jika transfer
berhasil, kemudian Tokopedia akan memberi tahu penjual bahwa pembayaran sudah
diterima oleh Tokopedia dan penjual bisa melakukan pengiriman barang yang sudah
dipesan pembeli. Ketika barang tiba di pembeli, pembeli melakukan konfirmasi
penerimaan barang kepada Tokopedia, dan Tokopedia akan mentransfer uang
pembelian kepada penjual.
4. Capabilities/Core Competencies/Distinctive
Competencies
Core
Competencies:
1. Pilihan
barang lebih banyak.
Tokopedia
diibaratkan sebagai sebuah mal, yang memungkinkan setiap pengguna membuka
toko-online mereka dengan mudah bahkan gratis. Pilihan barang yang tersedia pun
menjadi lebih variatif dengan adanya keberagaman ini.
2. Biaya
ongkos kirim bisa di cek secara otomatis.
Sehingga pembeli bisa dengan cepat memperkirakan biaya keseluruhan yang harus dkeluarkan.
Sehingga pembeli bisa dengan cepat memperkirakan biaya keseluruhan yang harus dkeluarkan.
3. Banyak
pilihan rekening untuk transfer.
Mulai
dari Bank Mandiri, BCA, BNI, BRI, dll. Pembayarannya juga tidak dilakukan
kepada penjual secara langsung, tetapi dibayarkan kepada tokopedia terlebih
dahulu. Setelah barangnya diterima kepada pembeli, maka pembayaran tersebut
akan dibayarkan kepada penjual.
4. Banyak
pilihan seller untuk jenis barang yang sama.
Kita
bisa mencari penjual yang menjual barang dengan harga lebih murah.
5. Memiliki
fitur Gold Merchant
Gold
merchant adalah fitur-fitur tertentu yang memiliki kelebihan dari akun lainnya
yang dapat digunakan oleh member yang membayar untuk menggunakan fitur ini.
Fitur-fitur yang dimiliki misalnya penjual dapat membedakan tokonya dengan toko
lainnya, yakni dengan tanda lencana emas. Selain itu, penjual juga dapat
menambahkan satu pengguna untuk menjadi admin di toko secara gratis. Admin
dapat membalas pesan atau ulasan dari pengunjung, mengoperasikan toko, atau
memonitor transaksi, dengan menggunakan akses yang telah diberikan oleh pemilik
toko. Namun untuk alasan keamanan, hanya pemilik toko yang dapat menarik uang
dari transaksi penjualan. Fitur lainnya adalah penjual dapat mengubah tampilan Shop Cover
di halaman toko, selain itu jumlah etalase juga bertambah menjadi 150 dimana
penjual biasa hanya memiliki 50 etalase.
6. Tracking
Order
Tokopedia
terintegrasi dengan agen pengiriman besar di Indonesia yang mempermudah dalam
memantau status pengiriman barang melalui fitur Tracking Order. Jika penjual sudah menginput nomor resi sebagai
bukti pengiriman barang, maka fitur Track Order dapat digunakan untuk memantau
sudah sampai dimana pengiriman barang.
7.
Dukungan metode pembayarandengan uang elektronik UNIK.
UNIK
singkatan dari Uang Elektronik adalah sebuah produk pembayaran dari PT
Transmaya, dimana para penggunanya bisa menggunakan saldo top-up UNIK mereka
untuk berbelanja online maupun offline via merchant-merchant UNIK. Tokopediawan
yang kebetulan juga merupakan pengguna UNIK bisa langsung menggunakan saldo
top-up UNIK mereka untuk berbelanja di Tokopedia, kapanpun diperlukan, saldo
terpotong otomatis, dan transaksi pun langsung diverifikasi.
8. Komunitas
Jejaring Sosial
Tokopedia
juga didukung dengan fitur ala komunitas jejaring sosial lewat Talk About It
untuk melihat review produk dan reputasi penjual.
9. Beragam
event menarik
Secara
berkala, Tokopedia mengadakan event-event
menarik mulai dari menyediakan highlight
barang-barang dengan potongan harga, hingga mengadakan event-event berhadiah.
5. Company Value Chain
5. Company Value Chain
Analisis Value Chain Tokopedia :
a.
Core Process;
· Inbound Logistics
Tokopedia
selalu mengontrol dan mengawasi perkembangannya melalui data statistic yang
mereka punya dengan memantau progress perusahaan setiap bulan.
Bekerjasama dengan berbagai perusahaan sebagai
investor perusahaan
· Operations
Melakukan pelayanan kepada pengguna tokopedia melalui Costumer Service
· Outbond Logistics
Tokopedia kini tidak hanya bisa di aksesmelalui PC
atau Laptop namun bisa juga diakses melalui Android
Selain dapat mengakses melalui aplikasi di Android,
kini Tokopedia juga tersedia dalam BBM Channel
· Marketing & Sales
Tokopedia membuat event-event seperti Roadshow dan
Workshop di Kampus-kampus serta workshop bersama UMKM di berbagai daerah
Menambah fitur yang bernama Top Ads untuk membantu penjual aktif di Tokopedia dalam mempromosikan
produk
Beriklan di media elektronik maupun cetak dan mengajak
public figure sebagai Brand Ambassador di Tokopedia
· Service
Melakukan pelayanan kepada pengguna tokopedia melalui Costumer Service
Layanan pembayaran yang mudah melalui kerjasama dengan
berbagai bank
Memberikan layanan pengiriman barang yang baik melalui
kerjasama dengan berbagai jasa pengiriman barang sehingga dapat menjangkau seluruh
daerah di Indonesia
b.
Support Process;
·
Procurement
Pendanaan
di Tokopedia berasal dari investor-investor yang telah menginvestasikan dananya
ke Tokopedia seperti Softbank dan sebagainya
·
Human Resource
Management
Untuk
meningkatkan loyalitas karyawan dan pengguna tokopedia, maka Tokopedia membuat Tokopedia
Awards
Kemudian
megadakan event-event yang melibatkan karyawan Tokopedia untuk mempererat hubungan
antar karyawan.
·
Technological
Development
1.
Tokopedia selalu
melakukan update fitur
2.
Tokopedia selalu
melakukan penambahan fitur yang membantu dan memudahkan pengguna demi memenuhi kebutuhan
pengguna
·
Infrastructure
1.
Tokopedia memiliki
sistem data statistic untuk memantau perkembangan perusahaan
2.
Karena Tokopedia
merupakan bisnis online maka infrastruktur memiliki perangkat computer dan
internet untuk mendukung bisnis.
Sumber : https://blog.tokopedia.com/
0 comments:
Post a Comment